Tulisan ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Untuk itu, saya mengambil 2 jurnal yang akan dibandingkan. Berikut saya akan implementasikan analisa kelebihan dan kekurangan pada jurnal yang saya ambil
Jurnal
1.
PENGEMBANGAN RANCANG BANGUN GAME EDUKASI
LOGISTIK "STOWAGAME" MENGENAI PENATAAN KONTAINER
DI BAY KAPAL
HENDRIYONO
RACHMAN, DAN AHMAD RUSDIANSYAH
Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya
E-mail: arusdian@ie.its.ac.id
******************************************************************************
Pada jurnal pertama, penulis membuat
sebuah game edukasi berbasis windows mengenai penataan container di Bay kapal. Game
ini dibuat menggunakan perangkat lunak platform.Net,
XNA dengan menggunakan bahasa C#. Game ini menfokuskan pada penterjemahan
pengetahuan-pengetahuan mengenai Master Bay Plan Problem (MBPP) atau Stowage Planning Problem (SPP).
Kelebihan:
-
Game edukasi yang dibuat mampu
memberikan pengetahuan yang signifikan terkait dengan penataan kontainer di bay
kapal.
-
Game yang dibuat sudah dalam bentuk 3D
dan dibuat persis seperti pada aslinya mengenai bobot isi , tipe kapal dan penataan
dengan rumus yang tertera pada jurnal.
-
StowaGame ini mengandung unsur
hiburan dalam rancangan user interface,
sehingga pemain dapat menyerap informasi dari tujuan dibuatnya game tersebut.
Kekurangan
-
Design pada game ini tidak terlihat
nyata sehingga saat memainkan game tersebut terlihat hanya warna-warna dasar
saja.
-
Pelabuhan yang digunakan pada game ini
sangat terbatas.
-
Game ini tidak full 3D.
Jurnal
2.
Perancangan Game
“Vimala” Sebagai Media Untuk Mempopulerkan
Pancasila Secara Menghibur Dan Informatif
Andika
Pradana/ Drs. Iman Sudjudi, M. Sn.
Program Studi Sarjana Design Komunikasi
Visual, Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD) ITB
Email:
overweight_cat@yahoo.com
Kata Kunci :
Game, Roleplaying Game, Pancasila
Pada
jurnal kedua, penulis membuat game bernama Vimala yang bertujuan untuk mengajak
pengguna untuk mengenal pancasila. Dimana yang kita tau Negara Indonesia memiliki
cirri khas yaitu panccasila dimana Indonesia memiliki banyak ragam budaya, suku
bangsa dan agama. Dengan dibuatnya game ini, penulis jurnal tersebut membuat
sebuah media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi pengguna.
Dimana terdapat moral-moral yang diajarkan dan juga unsure-unsur dari pancasila
itu sendiri.
Kelebihan:
-
Kelebihan
dari game ini adalah design yang sangat menarik dan detail setiap
karakter-karakter yang dibuat.
-
Tampilan
yang full 3D sehingga berkesan seperti nyata dan pewarnaan yang tepat.
-
Pembuatan yang cukup rumit sehingga game
ini tidak dapat ditiru oleh orang lain.
Kekurangan:
-
Pada
jurnal ini tidak diberitahukan perangkat lunak yang digunakan.
-
Rancangan
pembuatan tidak ditampilkan pada jurnal tersebut dan tidak lengkap.
- Kesulitan dalam pembuatan design dan karakter dalam game membutuhkan waktu yang sangat lama.
- Kesulitan dalam pembuatan design dan karakter dalam game membutuhkan waktu yang sangat lama.
Sumber
jurnal:
1. http://jurnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/viscom/article/download/43/42 2. http://citation.itb.ac.id/pdf/JURNAL/JURNAL%20TEKNIK%20INDUSTRI%20UMM/VOL%2013%20No.1%202012/665_umm_scientific_journal.pdf
=========================================================================
NPM: 50412907
Nama: Anggi Noyita S
Kelas: 3IA23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar