Rabu, 29 April 2015

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JURNAL TENTANG TEKNOLOGI GAME


Tulisan ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Untuk itu, saya mengambil 2 jurnal yang akan dibandingkan. Berikut saya akan implementasikan analisa kelebihan dan kekurangan pada jurnal yang saya ambil

Jurnal 1.

PENGEMBANGAN RANCANG BANGUN GAME EDUKASI
LOGISTIK "STOWAGAME" MENGENAI PENATAAN KONTAINER
DI BAY KAPAL
HENDRIYONO RACHMAN, DAN AHMAD RUSDIANSYAH
Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
E-mail: arusdian@ie.its.ac.id
******************************************************************************                
       Pada jurnal pertama, penulis membuat sebuah game edukasi berbasis windows mengenai penataan container di Bay kapal. Game ini dibuat menggunakan perangkat lunak platform.Net, XNA dengan menggunakan bahasa C#. Game ini menfokuskan pada penterjemahan pengetahuan-pengetahuan mengenai Master Bay Plan Problem (MBPP) atau Stowage Planning Problem (SPP).

Kelebihan:
-          Game edukasi yang dibuat mampu memberikan pengetahuan yang signifikan terkait dengan penataan kontainer di bay kapal.
-          Game yang dibuat sudah dalam bentuk 3D dan dibuat persis seperti pada aslinya mengenai bobot isi , tipe kapal dan penataan dengan rumus yang tertera pada jurnal.
-          StowaGame ini mengandung unsur hiburan dalam rancangan user interface, sehingga pemain dapat menyerap informasi dari tujuan dibuatnya game tersebut.

Kekurangan
-          Design pada game ini tidak terlihat nyata sehingga saat memainkan game tersebut terlihat hanya warna-warna dasar saja.
-          Pelabuhan yang digunakan pada game ini sangat terbatas.
-          Game ini tidak full 3D.

Jurnal 2.
Perancangan Game “Vimala” Sebagai Media Untuk Mempopulerkan
Pancasila Secara Menghibur Dan Informatif
Andika Pradana/ Drs. Iman Sudjudi, M. Sn.
Program Studi Sarjana Design Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD) ITB
Kata Kunci : Game, Roleplaying Game, Pancasila
          
        Pada jurnal kedua, penulis membuat game bernama Vimala yang bertujuan untuk mengajak pengguna untuk mengenal pancasila. Dimana yang kita tau Negara Indonesia memiliki cirri khas yaitu panccasila dimana Indonesia memiliki banyak ragam budaya, suku bangsa dan agama. Dengan dibuatnya game ini, penulis jurnal tersebut membuat sebuah media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi pengguna. Dimana terdapat moral-moral yang diajarkan dan juga unsure-unsur dari pancasila itu sendiri.

Kelebihan:
-          Kelebihan dari game ini adalah design yang sangat menarik dan detail setiap karakter-karakter yang dibuat.
-          Tampilan yang full 3D sehingga berkesan seperti nyata dan pewarnaan yang tepat.
-          Pembuatan yang cukup rumit sehingga game ini tidak dapat ditiru oleh orang lain.
Kekurangan:
-          Pada jurnal ini tidak diberitahukan perangkat lunak yang digunakan.
-          Rancangan pembuatan tidak ditampilkan pada jurnal tersebut dan tidak lengkap.
-     Kesulitan dalam pembuatan design dan karakter dalam game membutuhkan waktu yang sangat lama.

Sumber jurnal:
1. http://jurnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/viscom/article/download/43/42 
2.  http://citation.itb.ac.id/pdf/JURNAL/JURNAL%20TEKNIK%20INDUSTRI%20UMM/VOL%2013%20No.1%202012/665_umm_scientific_journal.pdf

=========================================================================
Nama: Anggi Noyita S
Kelas: 3IA23
NPM: 50412907

Tidak ada komentar:

Posting Komentar